Visi, Tujuan dan Strategi

A. VISI

“Menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan, pendidikan dan pembelajaran  yang unggul dan adaptif di bidang ekonomi kreatif berkelanjutan , secara sinergis dan kolaboratif”. 

Visi tersebut menegaskan bahwa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP UNILA bertujuan untuk menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan, pendidikan, dan pembelajaran yang unggul dan adaptif di bidang ekonomi. Unggul dalam konteks ini mengacu pada pencapaian keunggulan dalam menghasilkan pengetahuan baru, memperbaiki kualitas pembelajaran, serta menghasilkan lulusan yang berkualitas dan relevan dengan tuntutan pasar kerja dan acuan Lembaga akreditasi mandiri pendidikan (LAMDIK). Pemilihan ekonomi berbasis keberlanjutan ini menekankan komitmen program studi terhadap prinsip-prinsip pembangunan yang ramah lingkungan, etis, dan dapat bertahan lama, selaras dengan tren global dan kebutuhan mendesak untuk menangani isu-isu seperti perubahan iklim dan ketimpangan sosial.

Selain itu, visi ini menekankan pentingnya sinergi dan kolaborasi dalam menjalankan kegiatannya. Secara sinergis, Program Studi Pendidikan Ekonomi akan bekerja sama dengan berbagai pihak baik di internal maupun eksternal, seperti dengan lembaga penelitian, industri, dan instansi pemerintah, untuk menciptakan lingkungan akademik yang mendukung pertumbuhan dan pengembangan ilmu pengetahuan ekonomi. Kolaboratif mengacu pada semangat bekerja sama dan berbagi pengetahuan antara berbagai stakeholder untuk mencapai tujuan bersama dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran ekonomi.

B. TUJUAN
Kegiatan yang dilakukan PSPE FKIP Unila bertujuan untuk :

  1. Menghasilkan Lulusan yang Kompeten dan Adaptif:
  2. Menciptakan Lingkungan Akademik yang Kolaboratif: Mengembangkan lingkungan belajar yang mendukung kolaborasi antara mahasiswa, dosen, dan praktisi industri.
  3. Meningkatkan Publikasi dan Inovasi Penelitian serta pengabdian kepada Masyarakat:
  4. Membangun Alumni Network yang Kuat:

C. STRATEGI

Secara mendalam untuk menggapai visi program studi, kami menyusun strategi sebagai berikut:

  1. Mengembangkan Kurikulum yang Relevan dan Adaptif serta Berorientasi pada Hasil: Menyusun dan terus mengupdate kurikulum yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja dan perkembangan ilmu pengetahuan di bidang ekonomi, serta responsif terhadap perubahan global. Mengintegrasikan kurikulum dengan standar industri dan tren ekonomi terkini, serta menggunakan umpan balik dari pemangku kepentingan untuk peningkatan berkelanjutan.
  2. Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan Penelitian: Melakukan inovasi dalam metode pembelajaran dan penelitian untuk meningkatkan kualitas akademik dan kompetensi lulusan. Mendorong dosen dan mahasiswa untuk melakukan penelitian yang inovatif dan relevan, yang dapat dipublikasikan di forum nasional dan internasional.
  3. Memperkuat Kerjasama dan Kolaborasi: Membangun dan memperkuat jaringan kerjasama dengan berbagai pihak, baik di dalam maupun luar negeri, untuk pertukaran ilmu pengetahuan dan praktik terbaik. Membentuk jaringan alumni yang aktif yang dapat berkontribusi pada pengembangan program studi dan memberikan peluang kerjasama profesional dan akademik.
  4. Mengembangkan Kompetensi Soft Skill Mahasiswa: Meningkatkan keterampilan non-teknis mahasiswa seperti kepemimpinan, komunikasi, dan kerja tim, yang penting untuk sukses di lingkungan profesional. Melahirkan lulusan yang tidak hanya memiliki pengetahuan teoretis yang kuat tetapi juga keterampilan praktis yang adaptif terhadap dinamika pasar kerja.

Dengan pendekatan ini, Program Studi Pendidikan Ekonomi di FKIP Universitas Lampung akan dapat mencapai visinya (unggul) dan memastikan relevansinya dalam dunia pendidikan dan industri ekonomi yang selalu berubah. (adaptif)